Kisah Asal Mula Nama Kuningan


Pada masa dahulu Sunan Gunung Jati, yang merupakan salah seorang dari wali Songo pergi ke negeri China dan menyebarkan agama Islam. Ia bertemu dengan kaisar Tiongkok yang adalah seorang Tartar. Kaisar Tiongkok itu menguji Sunan Gunung Jati dengan menanyakan apakah putrinya yang bernama Ong Tien Nio pada waktu itu sedang mengandung. Sunan Gunung Jati tanpa ragu-ragu menjawab Ya! Bahkan menurutnya, putri itu akan melahirkan seorang putra dalam waktu dua atau tiga bulan lagi. Sang Kaisar menjadi murka mendengar jawaban itu. Ia yakin bahwa putrinya pada saat itu masih perawan.

Karena jawaban itu, Sunan Gunung Jati dituduh sebagai wali palsu. Ia kemudian dihukum dengan diceburkan ke laut. Namun, berkat rahmat Alloh SWT, sunan Gunung Jati dapat selamat dibawa arus laut hingga terdampar di pantai Cirebon, yang memang tempat kediamannya. Ong Tien Nio, sangat sedih ketika mendengar bahwa Sunan Gunung Jati telah dihukum oleh ayahnya. Ia merasa lebih kesal lagi karena ia memang hamil secara mukjizat. Mengetahui hal ini, kaisar sangat menyesali perbuatannya karena telah mempermainkan seorang saleh. Demi menebus dosanya, ia kemudian mengirim Ong Tien Nio ke Cirebon untuk dinikahkan dengan Sunan Gunung Jati.

Setelah menjadi istri Sunan Gunung Jati, Ong Tien Nio kemudian melahirkan seorang putra yang diperolehnya secara gaib itu disuatu kota yang terletak di lereng Gunung Ceremai. Pangeran kecil itu diberi nama Aria Kemuning karena warna kulit tubuhnya yang kuning muda. Kota tempat kelahirannya itu kemudian diberi nama kuningan. Hingga saat ini di kuningan ada satu makam, yang dianggap sebagai makam Aria Kemuning. Makam itu sampai saat ini masih diziarahi oleh banyak orang.

Article :

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply