Pengertian Ideologi

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai "Ideologi". Apa sih itu ideologi? kalau teman-teman sudah bertanya-tanya dan ingin mengetahui apa yang dimaksud ideologi, saya tidak akan berlama-lama mari kita langsung membahas tentang Ideologi.

Idiologi berasal dari dua kata, yaitu idea berarti pemikiran, konsep atau gagasan serta logos berarti Ilmu, pengetahuan. Secara sederhana idiologi merupakan pengetahuan tentang ide-ide, keyakinan atau gagasan.
Idiologi adalah seperangkat prinsip-psinsip yang dijadikan dasar untuk memberikan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam melangsungkan dan mengembangkan kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.
Suatu idiologi sangat penting karena memberikan dasar arah dan tujuan bagi bangsa dan Negara dalam menjalankan kehidupannya. Tanpa idiologi suatu bangsa akan mengalami banyak kesulitan dalam mengatasi persoalan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dan Idiologi nasional Bangsa Indonesia adalah Pancasila seperti terkandung dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV. Pancasila adalah dasar Negara dan juga sebagai pandangan hidup bangsa, ini memiliki nilai-nilai yang memberikan arah dan tujuan yang jelas, yaitu menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Negara kita menjadikan Pancasila sebagai idiologi nasional karena sesuai dengan cita-cita, jiwa dan kepribadian bangsa. Bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai kebersamaan, kekeluargaan dan keseimbangan dalam segala bidang kehidupan, yaitu bidang politik, ekonomi, social & budaya, dan pertahanan keamanan serta memiliki nilai-nilai yang lebih baik dibandingkan dengan idiologi-idiologi yang ada.

Idiologi penting bagi suatu Negara karena idiologi sebagai sumber perundangan negara, sebagai norma dasar, dan hukum tertinggi dalam suatu Negara.

Semoga bermanfaat...... ^^

Article :

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply